Sabtu, 01 September 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : MI Islamiyah Ciwaru
Kelas/semester : V (lima) / I (satu)
Tema/Subtema            : 1. Benda-benda di Lingkungan Sekitar/ 1. Wujud Benda dan Cirinya
Pembelajaran               : 1 (satu)
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaanTuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar
Ilmu Pengetahuan Sosial
3.1    Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
4.1    Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia.

Bahasa Indonesia
3.1    Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

4.1        Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

Matematika
3.2 Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
4.1 Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban
C.    Indikator
Ilmu Pengetahuan Sosial
3.1.1 Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di    bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional.
4.1.1 Memahami tentang perubahan-perubahan pada alam yang memiliki dampak bagi kehidupan manusia.

Bahasa Indonesia
3.1.1 Menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia.
4.1.1 Menyajikan hasil diskusi mengenai perubahan alam dan keseimbangan ekosistem yang diakibatkan oleh kegiatan manusia

Matematika
3.2.1 Menyelesaikan soal latihan pecahan biasa, campuran, desimal
4.1.1 Mengenal bentuk pecahan biasa
4.1.2 Mengenal bentuk pecahan campuran
4.1.3 Mengenal bentuk pecahan desimal

D.    Materi Pembelajaran (Terlampir)
Wujud benda dan cirinya
E.     Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan kegiatan mengamati gambar orang yang membuang sampah ke sungai, siswa menemukan contoh perilaku manusia yang dapat menyebabkan perubahan alam dengan benar dengan cermat dan teliti.
2.      Dengan kegiatan eksplorasi perubahan alam, siswa mengidentifikasi perubahanperubahan alam yang berdampak pada manusia dengan cermat.
3.      Dengan membaca teks tentang perubahan wujud benda, siswa dapat menemukan contoh–contoh perubahan wujud benda yang terdapat pada bacaan dengan cermat dan teliti.
4.      Dengan membaca teks tentang perubahan wujud benda, siswa menuliskan kosakata baku dan tidak baku beserta artinya dengan tepat dengan cermat dan teliti.
5.      Dengan latihan penyelesaian soal tentang pecahan, siswa dapat mengubah bentuk pecahan biasa ke bentuk pecahan campuran, persen, dan desimal dengan cermat, teliti, dan percaya diri.

F.     Kegiatan Pembelajaran
a)      Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam pembuka dan membuka kegiatan pembelajaran dengan membaca basmalah
2.      Guru mengabsen kehadiran siswa
3.      Guru memeriksa kelengkapan belajar siswa dan memberikan motivasi sebelum memulai pelajaran
4.      Guru menyampaikan cakupan materi yang akan dipelajari
b)      Kegiatan Inti
a.       Mengamati
1.      Guru memberikan ilustrasi pecahan biasa dan pecahan campuran menggunakan media.
2.      Siswa mengamati proses ilustrasi pecahan biasa dan pecahan campuran.
b.      Menanya
1.      Siswa diberikan pertanyaan tentang pecahan biasa dan pecahan campuran.
2.      Siswa bertanya mengenai materi yang belum dimengerti.
c.       Mengumpulkan informasi atau mencoba 
1.      Siswa yang ditunuk guru membacakan bacaan berjudul Aneh, Kenapa Bisa Begitu? Dan meminta siswa lain menyimak.
2.      Siswa menggali informasi dengan menuliskan kata baku dan tidak baku yang terdapat pada bacaan.
3.      Siswa menuliskan informasi-informasi yang terdapat dalam bacaan tersebut yang berkaitan dengan perubahan wujud benda.
4.      Siswa membentuk 5 kelompok berdiskusi dengan teman kelompoknnya tentang perubahan-perubahan alam disekitar tempat tinggalnya.
d.      Menalar
1.      Siswa menuliskan hasil diskusi yang sudah mereka lakukan.
e.       Mengkomunikasikan
1.      Siswa mempresentasikan hasil jawaban tersebut di depan kelas.

c)      Kegiatan Penutup
1.      Guru melakukan refleksi dan membuat kesimpulan tentang materi pembelajaran yang telah di bahas.
2.      Guru bertanya apakah ada yang belum dimengerti dan ingin ditanyakan atau tidak.
3.      Siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan berdoa bersama-sama.

G.    Penilaian Pembelajaran
1.      Penilain Sikap

No

Nama Siswa
Sikap
Tanggung jawab
Bersih/Rapih
Disiplin
Bersosilisasi
A
B
C
D
A
B
C
D
A
B
C
D
A
B
C
D
1.

















2.

















3.

















4.

















Keterangan Penilaian: A = Sangat Baik                     C = Cukup
B = Baik                                  D = Kurang
2.      Penilaian Pengetahuan
Penilaian dilakukan secara tes tulis dengan mengisi tabel identifikasi perubahan-perubahan pada alam yang memiliki dampak bagi kehidupan manusia (buku halaman 2)
Jawaban:
No.
Contoh Perubahan Alam
Faktor Penyebab
Skala Perubahan
Sifat
Dampak Bagi Kehidupan
Alami
Manusia
Besar
Kecil
Sementara
Tetap/ Lama
1.
Pemanasan global
- Memengaruhi
iklim & cuaca
- Naiknya permukaan air laut
- Meningkatnya suhu bumi
2.
Kebakaran Hutan
- Rusaknya ekosistem
- Hutan menjadi gundul
- munculnya kabut asap
3.
Hujan Asam
- Banyak tumbuhan mati
- ikan di danau juga mengalami kematian
4.
Gempa Bumi
- Banyak korban jiwa
- rusaknya bangunan
5
Banjir
- Banyak korban jiwa
- Rusaknya fasilitas umum
6
Kekeringan
- Kelaparan
- Matinya tanaman dan hewan
7
Gunung Meletus
- Banyak korban jiwa
- Tanah menjadi subur
8.
Badai (Angin Topan)
- Banyak korban jiwa
- Banjir
- Rusaknya fasilitas umum
9
Tanah Longsor
- Rusaknya fasilitas umum
- Korban jiwa

3.      Penilaian Keterampilan
Keterampilan menjawab pertanyaan tentang Perubahan Wujud Benda.
No
Kriteria
Baik
Kurang Baik
1.
Siswa mampu mengemukakan hasil mengamati gambar dengan tepat


2.
Siswa memahami perubahan-perubahan alam disekitar tempat tinggal.



H.    Media/Alat Bantu dan Sumber Belajar:
ü  Buku siswa kelas IV
ü  Gambar contoh prilaku yang tidak selaras dengan lingkungan
ü  Karton
Mengetahui,                       
Guru Pamong                   




Serang, 26 Juli 2017
Guru PPLK




Kepala Sekolah





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan       : MI Islamiyah Ciwaru Kelas/semester : I ( satu ) / I (satu) Tema/...