RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MI Islamiyah
Ciwaru
Kelas/semester : I
(satu) / I (satu)
Tema/
Subtema : 2. Kegemaranku/ 1. Aku
Gemar Berolahraga
Alokasi Waktu :
1 x Pertemuan (2x35 menit)
A.
Kompetensi Inti
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta
pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman.
4.2 Mempraktikkan teks arahan/petunjuk
tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
PJOK
3.2 Mengetahui konsep gerak dasar non lokomotor sesuai dengan dimensi anggota
tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.2 Mempraktikkan pola gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan dimensi
anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha,dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
PKN
3.2 Mengenal
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah.
4.2
Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
Matematika
3.3 Mengenal
dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/benda
konkrit
4.4 Mendeskripsikan,
mengembangkan, dan membuat pola yang berulang
C.
Indikator
Bahasa Indonesia
3.2.2. Menyebutkan cara memelihara kesehatan tubuh.
4.2.1. Mempraktikkan teks arahan merawat kesehatan tubuh
PJOK
3.2.1. Mengamati gerak dasar non-lokomotor.
4.2.1. Memperagakan gerak dasar non lokomotor.
PKN
3.2.1. Mengidentifikasi perbuatan tertib di rumah
3.2.2. Membedakan perbuatan tertib dan yang tidak tertib
4.2.1. Menerapkan perbuatan tertib di rumah.
Matematika
3.3.1. Mengidentifikasi pola bilangan menggunakan gambar sederhana
4.4.1. Membuat pola bilangan dengan menggunakan gambar.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan menujukkan gambar siswa mampu membedakan antara sikap tertib
dan tidak tertib dengan santun.
2.
Dengan
kegiatan diskusi di kelas, siswa dapat menunjukkan sikap tertib dengan santun.
3.
Dengan
mengamati gambar macam-macam alat olahraga, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis
peralatan olahraga dengan percaya diri.
4.
Dengan
mengamati guru melakukan gerakan senam, siswa dapat melakukan senam dengan
tertib.
5.
Dengan
mengamati gambar siswa dapat mengidentifikasi pola gambar dengan tepat.
6.
Dengan
berlatih memprediksi pola bilangan melalui gambar, siswa dapat berlatih menciptakan
polanya sendiri dengan teliti.
E.
Materi
Pembelajaran (terlampir)
Gemar Berolahraga.
Beni selesai bermain
bola.
Beni melepas sepatu
bolanya.
Sepatu diletakkan di
rak sepatu.
Beni membuka kaus
olahraganya.
Kaos dimasukkan ke
dalam keranjang.
Setelah itu Beni mandi.
Peragakan
gerakan-gerakan senam berikut.


F.
Model
dan Metode
Pendekatan : Saintifik
Model :
Kontekstual
Metode :
Demonstrasi, Tanya-jawab, picture and picture
G.
Kegiatan
Pembelajaran
a. Kegiatan
Pendahuluan
Ø
Guru
mengucapkan salam kepada siswa.
Ø
Siswa
berdoa bersama dengan dipimpin oleh salah satu temannya.
Ø
Guru
mengabsen dan menanyakan kabar siswa.
Ø
Guru
memeriksa kelengkapan alat tulis.
Ø
Guru
meminta siswa berdiri.
Ø
Guru
bersama siswa melakukan senam sambil bernyanyi.
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
b.
Kegiatan Inti
1) Mengamati
Ø Siswa membaca wacana dengan bimbingan guru.
Ø Siswa menyebutkan sikap tertib setelah berolahraga.
Ø Siswa membedakan gambar sikap tertib dan sikap tidak tertib dengan
bimbingan guru.
2) Menanya
Ø Siswa menanyakan materi yang tidak di mengerti.
3) Mengumpulkan Informasi/ Mencoba
Ø Guru meminta siswa untuk berdiri
Ø Siswa mengikuti gerakan guru.
4) Menalar/ Mengasosiasi
Ø Guru menempelkan gambar peralatan olahraga di papan tulis.
Ø Guru meminta siswa menyebutkan nama peralatan tersebut.
Ø Guru menjelaskan pola bilangan melalui gambar tersebut
Ø Beberapa siswa diberi gambar, beberapa siswa mendapatkan satu buah
gambar.
5) Mengkomunikasikan
Ø Beberapa Siswa diminta untuk melengkapi gambar yang ada di papan
tulis dengan pola bilangan.
Ø Siswa diminta menghitung jumlah benda yang ada pada gambar dengan
pola bilangan.
c.
Kegiatan
Penutup
Ø Siswa diberi tugas untuk dikerjakan di rumah.
Ø Siswa bersama guru membuat kesimpilan
Ø Siswa bersama guru melakukan refleksi.
Ø Siswa bersama-sama berdoa penutup.
H. Media/ Alat Bantu dan Sumber Belajar
Media/ alat Bantu : Gambar,
spidol dan Lembar Kerja
Sumber Belajar : Buku
Siswa Kelas I
I.
Penilaian
Pembelajaran
1.
Penilaian Sikap
|
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
|||||||||||
|
Percaya Diri
|
Tertib
|
Santun
|
|||||||||||
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Penilaian
Pengetahuan
Penilaian
dilakukan secara tes tulis dengan melengkapi pola bilangan bergambar (buku
siswa. Hal. 11)
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
Skor
|
![]() |
![]() |
33
33
34
|
|
Jumlah Skor
|
|
100
|
Penilaian:
Jumlah Skor
yang diperoleh siswa x
100
total
skor
misal= 60 x 100 = 60
100
3.
Penilaian
Keterampilan

Catatan: beri
tanda ceklis (√) pada kriteria siswa sesuai dengan kinerja siswa.
|
Wali Kelas I
SITI MAEMUNAH, S.Pd.I
Guru Pamong
SURYANI, M. Pd.
|
Mengetahui,
|
Serang, 15 Agustus 2017
Guru Praktikan
SITI QOMARIAH
NIM.142400723
Kepala Madrasah
ANWAR MALIK. S.Pd.I
NIP.
198204142005011007
|
Lampiran Penilaian
1.
Penilaian
Sikap
|
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
|||||||||||
|
Percaya Diri
|
Tertib
|
Santun
|
|||||||||||
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
|
1
|
Aiman
|
|
|
P
|
|
|
P
|
|
|
|
|
P
|
|
|
2
|
Anugrah Syazw R.H
|
|
|
|
P
|
|
P
|
|
|
|
|
P
|
|
|
3
|
Ayi Nurbaitillah
|
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
|
4
|
Azmi Khoirunnisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Dika
|
|
P
|
|
|
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
|
6
|
Hilmi Ainurrofiq
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
|
|
7
|
Kevin Ramadhan
|
|
|
P
|
|
|
P
|
|
|
|
|
P
|
|
|
8
|
M.Wildan Ardiyansyah
|
P
|
|
|
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
|
|
9
|
M.Alif Alfatih
|
|
|
P
|
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
|
|
10
|
Maulana Sahid
|
|
|
P
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
|
|
|
11
|
M. Ferdiyansyah
|
|
|
P
|
|
|
P
|
|
|
|
|
P
|
|
|
12
|
Nabila Fitri
|
|
|
|
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
|
|
13
|
Noval Fernando
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
|
|
14
|
Rika Khoirunnisa
|
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
|
15
|
Siti Nur Khalifah
|
|
|
|
P
|
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
|
16
|
Ukis
|
|
|
P
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
|
|
|
17
|
Veronita Maulida
|
|
P
|
|
|
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
|
18
|
Wahyudi
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
|
|
19
|
Zahra Wardiana
|
|
P
|
|
|
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
|
20
|
Zihan Nurul Alifah
|
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
|
21
|
Febry Firdaus
|
|
|
P
|
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
|
|
22
|
Fadli
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
|
|
P
|
|
|
2.
Penilaian
Keterampilan
|
No
|
Nama
Siswa
|
Kriteria
|
|||||||
|
Menggerakkan Kepala
|
Menggerakkan Bahu
|
Menggerakkan Tangan
|
Menggerakkan Kaki
|
||||||
|
Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
||
|
1
|
Aiman
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
|
2
|
Anugrah Syazw R.H
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
|
3
|
Ayi Nurbaitillah
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
|
4
|
Azmi Khoirunnisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Dika
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
|
6
|
Hilmi Ainurrofiq
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
|
7
|
Kevin Ramadhan
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
|
8
|
M.Wildan Ardiyansyah
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
|
9
|
M.Alif Alfatih
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
|
10
|
Maulana Sahid
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
|
11
|
M. Ferdiyansyah
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
|
12
|
Nabila Fitri
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
|
13
|
Noval Fernando
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
|
14
|
Rika Khoirunnisa
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
|
15
|
Siti Nur Khalifah
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
|
16
|
Ukis
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
|
17
|
Veronita Maulida
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
|
18
|
Wahyudi
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
|
19
|
Zahra Wardiana
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
|
20
|
Zihan Nurul Alifah
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
|
21
|
Febry Firdaus
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
|
22
|
Fadli
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|
P
|
|


Tidak ada komentar:
Posting Komentar